Hubungan penggunaan kb suntik dengan kenaikan berat badan

Oligomenorrhea jangka waktu haid terlalu lama Oligomenorrhea tidak berbahaya, namun perempuan dapat memiliki potensi sulit hamil, karena tidak terjadi ovulasi.

HUBUNGAN PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI SUNTIK DENGAN

Sebuah penelitian melaporkan peningkatan berat badan lebih dari 2,3 kilogram pada tahun pertama dan selanjutnya meningkat secara bertahap hingga mencapai 7,5 kilogram selama enam tahun.

Tindakan Medis Anjurkan untuk melakukan diet rendah kalori dan olah raga yang proporsional untuk menjaga berat badannya. Jadi, untuk mengetahuinya dilakukan dengan cara sebagai berikut: Pada tahunpencapaian peserta KB aktif di Palembang mencapai sebesar Bila siklus pendek namun teratur ada kemungkinan stadium proliferasi pendek atau stadium sekresi pendek atau kedua stadium memendek.

Penderita juga sering merasakan kelemahan, pusing, muntah dan mual berulang selama haid.

Kti Hubungan Pemakaian Kontrasepsi Dengan Peningkatan Berat Badan

Penanggulanagn diberikan penjelasan bahwa hal itu merupakan efek sampng 12 dari kontrasepsi suntik dan gejalaitu akan hilang dan kembali normal tanpa pengobatan setelah pengehentian suntikan. Untuk mendapatkan gambaran nyata tentang kejadian peningkatan berat badan yang dialami akseptor kontrasepsi suntik maka perlu dilakukan suatu penelitian untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kontrasepsi suntik dengan peningkatan berat badan Hartanto, A sample of 46 people who were taken with total sampling technique.

Hal ini dikarenakan sebagian besar pengguna metode kontrasepsi suntik tidak 1 mengetahui tentang efek samping penggunaan metode kontrasepsi suntik Mirudin, Dikemas dalam bentuk aerosol busatablet vaginal suppositoria, atau dissolvable film, dan dalam bentuk krim Saifuddin, Polimenorrhea terlalu sering haid 15 Polimenorrhea adalah gangguan menstruasi yang berbahaya.

Hartanto, 3. Hasil program KB tidak seketika dapat dinikmati, tetapi sangat menentukan bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun Sumber Daya Manusia SDM yang tangguh di masa depan. Kes berisi tentang materi kesehatan, taushiyah agama Islam dan akreditasi Puskesmas.

Proses berhentinya haid pada usia tersebut dikenal sebagai istilah menopause. Kebijakan Program dan Kegiatan tahun Hidayat,hal 3. Apabila penelitiannya deskriptif, maka akan menggunakan statistik deskriptif. Aneka jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangat berguna dalam proses pertumbuhan berat badan kita.

Jenis Penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional yaitu dengan pengambilan data yang hanya di lakukan satu kali.

Hal ini juga dapat terjadi pada hipoplasia uteri dimana jaringan endometrium sedikit. Reliabilitas kuesioner dapat dihitung dengan menggunakan rumus koefisien alpha, sebagai berikut: Jika mereka menolak menjadi responden, maka peneliti tidak memaksa dan akan menghormati hak-haknya.

Efeknya berlangsung lama, sehingga kesuburan mungkin baru kembali 1 tahun setelah suntikan dihentikan, tetapi medroksiprogesteron tidak menyebabkan kemandulan permanen. Hal ini sering terjadi pada disfungsi ovarium saat klimakterium, pubertas atau penyakit kronik seperti TBC.

Dengan adanya nafsu makan yang lebih banyak dari biasanya tubuh akan kelebihan zat-zat gizi. Sampel sebanyak 46 orang yang diambil dengan teknik total sampling.

Kontrasepsi Suntik 2.4/8/ · kb – hubungan penggunaan alkon hormonal pada akseptor kb suntik dmpa dengan kenaikan berat badan. kb – hubungan tingkat pendidikan dengan pemilihan macam-macam alat kontrasepsi.

kb – identifikasi faktor penyebab suami tidak mengikuti kontrasepsi metode operatif pria (mop). 4/14/ · Pada para aseptor KB suntik bisa didapat adanya gangguan haid yaitu amenorea, menoragia dan spoting. Amenorea diduga disebabkan atau berhubungan dengan atrofi endometrium. Adanya perdarahan yang irregular waspadai adanya gangguan dalam rahim dan anemia.

2) Perubahan berat badan Berat badan bisa naik atau turun setelah penggunaan kontrasepsi suntik. HUBUNGAN LAMA PEMAKAIAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN BERAT BADAN PADA AKSEPTOR DI PUSKESMAS MERGANGSAN KOTA YOGYAKARTA TAHUN Emi Rahmawati, Ery Khusnal STIKES „Aisyiyah Yogyakarta Intisari: Kenaikan berat badan yang berlebihan merupakan salah satu efek samping dari penggunaan kontrasepsi suntik DMPA.

Namun peningkatan berat. artinya ada hubungan yang antara penggunaan kontrasepsi suntik 1 bulan dengan berat badan akseptor. Dari penelitian ini didapatkan bahwa dengan penggunaan kontrasepsi suntik 1 bulan dengan rentang penggunaan sebagian besar 1 tahun berat badan akseptor mengalami kenaikan dari berat badan sebelum penggunaan kontrasepsi suntik 1 criativabrasilia.com: Fransiska Septiana Sulistyowati.

KENAIKAN BERAT BADAN DENGAN LAMA PEMAKAIAN ALAT KONTRASEPSI HORMONAL WILAYAH KERJA PUSKESMAS PEMBANTU SUNGAI MENGKUANG TAHUN menggunakan KB suntik sebanyak Hubungan Penggunaan. memperoleh data yang diinginkan secara obyektif dan reliable yaitu frekuensi suntik DMPA dengan kenaikan berat badan sebelum dan sesudah memakai kontrasepsi suntik DMPA.

Pengolahan Data dengan langkah-langkah editing dan tabulating.

HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN KB SUNTIK DMPA DENGAN PENINGKATAN

Untuk mengetahui pengaruh frekuensi suntik DMPA terhadap kenaikan berat badan akseptor ini.

Hubungan penggunaan kb suntik dengan kenaikan berat badan
Rated 4/5 based on 15 review